Tanya Jawab Tentang Karir Sebagai Animator

Animator adalah seniman yang membuat grafik gerak dan ilustrasi. Ketika kebanyakan orang memikirkan karir animator, mereka memikirkan kartun atau animasi komputer yang kita lihat di film dan televisi. Namun, bidang animasi ini lebih luas dan terus berkembang.

Animator mungkin bekerja di sejumlah industri termasuk film, televisi, dan permainan video, tetapi mereka semakin banyak menemukan pekerjaan di bidang-bidang seperti periklanan, dan desain web. Di masing-masing bidang ini, peran seorang animator dapat bervariasi dengan cara yang berbeda; namun, tugas dan tanggung jawab dasarnya adalah sama. Seorang animator diharapkan dapat membuat dan/atau mendesain grafik gerak yang akan menceritakan sebuah cerita atau menyampaikan pesan tertentu.

Ada beberapa jenis animasi juga. Secara umum, seorang animator akan bekerja dalam animasi 2D, animasi 3D, atau grafik dan desain komputer. Masing-masing dilakukan secara berbeda dan produk akhir dapat sangat berbeda tergantung pada media apa yang digunakan.

Animator mungkin juga menggunakan berbagai program komputer yang berbeda untuk membantu dalam pembuatan proyek akhir mereka. Program yang digunakan dapat bervariasi tergantung pada jenis animasi, kualitas animasi, serta preferensi pribadi animator. Seorang animator yang terampil akan mahir dalam banyak program yang berbeda, karena ini juga akan membantu menjadi kompetitif untuk pekerjaan.

Para animator semakin menemukan peluang untuk bekerja penuh waktu sebagai karyawan dalam sebuah perusahaan; namun, beberapa masih bekerja sebagai animator lepas. Bekerja di sebuah perusahaan memberi animator sejumlah manfaat termasuk keamanan kerja, penghasilan tetap, dan anime lovers apk seringkali manfaat kesehatan. Animator mungkin disewa oleh perusahaan produksi televisi atau film, perusahaan periklanan, perusahaan desain web, perusahaan video game, atau perusahaan animasi. Sebagai karyawan salah satu perusahaan ini, seorang animator umumnya akan bekerja dengan tim dalam proyek-proyek berdasarkan kepentingan perusahaan.

Peluang untuk menjadi animator lepas semakin meningkat, apalagi dengan bantuan internet. Banyak animator sekarang dapat membuat situs web mereka sendiri dan menggunakannya sebagai portofolio untuk pekerjaan mereka. Ini memudahkan untuk menghubungi calon pemberi kerja dan memberi mereka contoh keterampilan dan kemahiran animator.

Animator tidak diharuskan memiliki kualifikasi tertentu, selain kemampuan menggunakan program komputer dan mendesain animasi kreatif; namun, banyak yang merasa bahwa memiliki latar belakang pendidikan akan membantu. Memiliki gelar dalam bidang animasi atau bidang terkait seni membantu dengan menunjukkan kepada pemberi kerja bahwa animator memiliki dasar pengetahuan dan komitmen tertentu terhadap bidang tersebut. Meskipun demikian, apakah seorang animator dipekerjakan atau tidak pada akhirnya akan tergantung pada keterampilan dan kemampuannya.